Libur (Tanggal Merah) di BalaBali Kalender

share fbshare twitter
19 May 2011 - adhik

Mengingat banyaknya yang bertanya tentang tidak sinkronnya tanggal merah di aplikasi BalaBali Kalender dengan tanggal merah di kalender fisik umumnya (sebagai contoh: tanggal 17 Mei 2011 adalah tanggal merah: hari raya Waisak, tetapi tetap "Normal Event" di aplikasi BalaBali Kalender), maka ijinkan saya untuk sedikit memberi penjelasan. Libur nasional di Indonesia saya kelompokkan menjadi dua tipe, yakni libur nasional tetap dan tidak tetap. Libur nasional tetap umumnya adalah tanggal peringatan yang selalu berulang tetap setiap tahunnya, sebagai contoh tahun baru (1 Januari) dan hari proklamasi kemerdekaan Indonesia (17 Agustus). Sedangkan libur nasional tidak tetap selalu disesuaikan setiap tahunnya dan umumnya berdasarkan surat keputusan pemerintah. Contohnya adalah hari-hari besar agama yang dijadikan libur nasional seperti Nyepi, Idul Fitri, dsb. Sayangnya, sesuai namanya, libur nasional tidak tetap ini jatuh pada tanggal yang tidak pasti setiap tahunnya. Hal ini karena masing-masing memiliki cara penentuan yang berbeda (misalnya sistem penanggalan hijriah dan caka). Oleh karena itulah, saya melihat adanya musuh terbesar dalam pengembangan aplikasi IT disini. CHANGE atau perubahan.

Atas dasar pemikiran tersebut, maka dibuatlah fitur event maintenance pada aplikasi BalaBali Kalender sehingga pengguna dapat menambahkan sendiri tanggal-tanggal merah yang tidak tercantum pada aplikasi. Tentunya peran kalender fisik disini akan tetap diperlukan untuk menyusun tambahan event-event tanggal merah tersebut, karena umumnya kalender fisik telah mengimplementasikan surat keputusan pemerintah tentang libur nasional.

Untuk menambahkan libur nasional tidak tetap ini, cukup dengan menambahkan event dengan tipe 'Rerainan/Hari Raya'. Anda dapat membaca readme aplikasi BalaBali Kalender untuk detail cara menambahkan event (readme: pada Microsoft Windows Vista/7 dengan mengakses start -> all programs -> BalaBali -> BalaBali Kalender -> readme). Tidak hanya tanggal merah, anda juga dapat menambahkan tipe event-event lain disana.

Ke depan, BalaBali Kalender saya rencanakan untuk memiliki fungsi untuk mengekspor atau mengimpor event-event, sehingga anda tidak perlu repot menambahkan event satu per satu setiap awal tahun. Cukup dengan mengunduh file konfigurasi libur nasional dari BalaBali.com lalu impor ke aplikasi BalaBali Kalender. (Baru angan-angan saja sih smiley)

Selamat mencoba! 

Publication Category: 

Add new comment